Monday, August 23, 2021

Tema 2 Subtema 2 PKn: Melaksanakan Hak dan Kewajiban Secara Seimbang


 

Ada banyak bentuk hak dan kewajiban yang harus kamu laksanakan secara seimbang. Bagaimanakah cara melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang?

 

1. Hak dan Kewajiban sebagai Peserta Didik

Hak adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan dalam penggunaannya tergantung pada keputusan dan tindakan seseorang yang bersangkutan. Hak juga bisa dikatakan sebagai satu kuasa untuk menerima atau melakukan sesuatu. Berikut beberapa contoh hak yang kamu miliki sebagai peserta didik.

a. Menggunakan kertas sebagai media belajar.

b. Belajar dengan tenang.

c. Mendapat pengajaran dari Bapak dan Ibu Guru.

d. Bertanya tentang pelajaran yang belum dipahami.

 

Kamu memiliki semua hak di atas. Akan tetapi, kamu mempunyai kewajiban saat menggunakan hak-hakmu tersebut yaitu kewajiban memperhatikan hak-hak orang lain agar tidak melanggarnya. Bagaimanakah bentuk kewajibanmu sebagai peserta didik?

 

Kewajiban adalah beban yang harus dijalankan seseorang untuk memberikan sesuatu yang sudah semestinya diterima orang lain atau pihak tertentu dan cenderung dituntut secara paksa. Berikut beberapa contoh kewajiban yang kamu miliki sebagai peserta didik.

a. Menghemat kertas.

b. Menjaga ketenangan kelas dan sekolah.

c. Mendengarkan penjelasan Bapak/ Ibu Guru.

d. Menghormati Bapak dan Ibu Guru.

 

Kewajban hendaknya dilaksanakan sebelum menuntut hak. Jadi, jika kamu ingin mem peroleh hak, laksanakan terlebih dahulu kewajibanmu. Hak dan kewajiban hendaknya dilaksanakan secara seimbang.

 

2. Pentingnya Melaksanakan Hak dan Kewajiban secara Seimbang

Hak dan kewajiban melekat dalam kehidupan setiap manusia. Keduanya sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup masyarakat. Kesejahteraan hidup masyarakat akan tercapai dengan dilaksanakannya hak dan kewajiban secara seimbang. Bagaimanakah pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang itu?

 

Kewajiban hendaknya dilaksanakan sebelum menuntut hak. Hak dan kewajiban dikatakan seimbang yang diperoleh seseorang disertal pelaksanaan kewajiban. Contohnya, kamu sebagai peserta didik berhak atas pemanfaatan kertas sebagai sarana belajar. Di samping hakmu atas pemanfaatan kertas, ada hak orang lain untuk hidup di lingkungan yang nyaman. Kenyamanan orang lain tersebut salah satunya dipengaruhi oleh penyediaan energi seperti energi listrik dan penyediaan air bersih. Penyediaan air bersih ini bisa didapat antara lain karena banyak hutan lindung yang mampu menyimpan air. Oleh karena itu, kamu bisa menunjukkan keseimbangan hak pemanfaatan kertas dengan pelaksanaan kewajiban menghemat penggunaan kertas. Mengapa demikian? Melalui upaya menghemat penggunaan kertas, berarti kamu telah ikut menghemat penggunaan energi listrik (untuk proses pembuatan kertas) dan menghemat pohon-pohon di hutan (sebagai bahan pokok pembuatan kertas). Artinya, kamu tidak merampas hak orang lain untuk hidup di lingkungan yang nyaman Bagaimana cara yang dapat kamu lakukan dalam menghemat penggunaan kertas? Berikut beberapa tips menghemat penggunaan kertas.

a. Menggunakan kertas yang sisanya masih kosong.

b. Teliti saat menulis sehingga tidak banyak kertas yang digunakan untuk mengulang penulisan.

c. Menggunakan kertas hanya jika benar-benar membutuhkan.

 

Melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang sudah seharusnya kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Hak dan kewajiban yang dilaksanakan tidak seimbang akan membuat kesenjangan dalam hubungan masyarakat. Jika kesenjangan sosial itu dibiarkan dan tidak ada yang peduli, negara akan terkena dampaknya. Warga negara tidak akan memiliki rasa persaudaraan satu sama lain. Akibatnya, runtuhlah rasa persatuan dalam masyarakat. Warga negara pun tidak peduli lagi dalam mempertahankan perdamaian negaranya. Bahkan, runtuhnya persatuan bisa menimbulkan citra buruk atas negara Indonesia di mata dunia.

 

Tugas: Sebagai latihan, kerjakan soal-soal di Buku PR/ Tema Jilid 1, Tema 2 PKn halaman 19 yang A dan B. Kerjakan di Buku PR/ Tema Jilid 1 kalian masing-masing ya!

 

No comments:

Post a Comment