Friday, August 20, 2021

Khotbah Jum'at: Hijrah Sebagai Gerbang Menuju Perubahan Lebih Baik


 

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

·      اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَ اْلاَرْضِ وَ هُوَ عَلَى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. نَـحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. فَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى فِى كِتَابِهِ الْكرِيْم:

·      يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ.

·      يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً. وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا.

·      يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا.

·      أَمَّا بَعْدُ: فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللَّهَ وَخَيْرُ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّي اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَرَّالْأُمُوْرِ مُحْدَثاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعُةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ وَكُلَّ ضَلَالَةٍ فِىالنَّارِ.

Ma'asyiral muslimin rahimakumullah

Syukur alkhamdulillah kita haturkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat sekaligus karunia kepada kita. Nikmat Allah yang diberikan kepada kita itu tidak terhitung jumlahnya. Hal tersebut sudah menjadi keharusan bagi kita untuk bersyukur. Melalui karunia Allah, kita semuanya masih diberi kesempatan untuk beribadah kepada Allah, tanpa kurang suatu apapun. Berikutnya, selawat dan salam semoga tercurah kepada Rasulullah SAW yang telah membawa risalah Islam ke umatnya. Semoga kita semuanya tergolong umatnya yang senantiasa melaksanakan ajaran Islam di dalam sendi-sendi kehidupan kita, sehingga kita selamat dunia akhirat, dan tentunya terbentuk warga negara yang religius sebagaimana amanat Pancasila sebagai ideologi negara, khususnya pada sila pertama.

Selanjutnya dari mimbar ini saya serukan khususnya kepada diri saya sendiri dan kepada jamaah salat Jum’at pada umumnya agar senantiasa menjaga, mempertahankan, dan terus berusaha meningkatkan iman dan takwa. Iman dengan mengimani rukun iman yang enam dan takwa dengan mentaati segala perintah Allah dan Rasulullah, serta menjauhi apa yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya.

Ma'asyiral muslimin rahimakumullah.

Momen pergantian tahun Hijriyah telah kita lewati pada 1 Muharram 1443H. Permulaan penetapan kalender Hijriyah atas inisiatif Khalifah Umar bin Khattab. Disebut kalender Hijriyah karena berdasarkan pada hijrah Nabi Muhammad SAW yang memiliki sejarah panjang dan peristiwa penting dalam Islam. Sejarah panjang meriwayatkan pindahnya Nabi Muhammad SAW secara fisik bersama para sahabatanya dari Makkah ke Madinah.

Sudah banyak para ahli sejarah yang menguraikan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Pada momen tersebut diantaranya terjadi penambahan jumlah rakaat pada salat wajib, dari yang semuanya dua rakaat-dua rakaat menjadi empat rakaat pada salat Zuhur, Asar, dan Isya, salat Magrib dibiarkan seperti semula tiga rakaat yang merupakan witirnya siang, dan salat subuh dibiarkan tetap dua rakaat. Hal tersebut sebagaimana hadis berikut.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: فَرْضُ صَلَاةِ السَّفَرِ وَالْحَضَرِ رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ، فَلَمَّا أَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْمَدِينَةِ زِيدَ فِي صَلَاةِ الْحَضَرِ رَكْعَتَانِ رَكْعَتَانِ، وَتُرِكَتْ صَلَاةُ الْفَجْرِ بِطُولِ الْقِرَاءَةِ، وَصَلَاةُ الْمَغْرِبِ لِأَنَّهَا وِتْرُ النَّهَارِ . ابن خزيمة

Artinya: Diwajibkan salat ketika bepergian ataupun tidak itu hanya dua rakaat. Setelah Nabi SAW datang di Madinah dan keadaan telah aman, lalu ditambah dua rakaat bagi salat hadlar (tidak bepergian), dan salat Subuh dua rakaat sebab panjangnya bacaan salat, demikian pula salat Magrib (seperti semula tiga rakaat), karena menjadi witir atas salat di waktu siang. (HR. Ibnu Khuzaimah, no. 943).

Ma'asyiral muslimin rahimakumullah.

Selain terdapat penambahan dua rakaat bagi salat hadlar (ketika tidak bepergian) sebagaimana tadi yang disebutkan, juga mulai ditegakkannya salat Jum’at. Adapun salat Jum’at itu diwajibkan kepada Nabi SAW di Makkah sebelum hijrah, tetapi belum dapat dilaksanakan di Makkah karena gangguan orang-orang kafir. Setelah ada para sahabat Nabi SAW yang telah mendahului hijrah ke Madinah, lalu diperintahkan kepada mereka untuk salat Jum’at, yang seterusnya lalu dilaksanakan. Waktu itu jumlah (bilangan) orang yang mengerjakan salat Jum’at ada 40 (empat puluh) orang. As’ad adalah orang yang pertama-tama mengerjakan salat Jum’at bersama-sama sebelum Nabi Muhammad SAW datang di Madinah. As’ad menjadi Imam di kala itu. Hal tersebut sebagaimana hadis berikut.

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كُنْتُ قَائِدَ أَبِي حِينَ ذَهَبَ بَصَرُهُ فَكُنْتُ إِذَا خَرَجْتُ بِهِ إِلَى الْجُمُعَةِ فَسَمِعَ الْأَذَانَ اسْتَغْفَرَ لِأَبِي أُمَامَةَ أَسْعَدَ بْنِ زُرَارَةَ وَدَعَا لَهُ فَمَكَثْتُ حِينًا أَسْمَعُ ذَلِكَ مِنْهُ ثُمَّ قُلْتُ فِي نَفْسِي وَاللَّهِ إِنَّ ذَا لَعَجْزٌ إِنِّي أَسْمَعُهُ كُلَّمَا سَمِعَ أَذَانَ الْجُمُعَةِ يَسْتَغْفِرُ لِأَبِي أُمَامَةَ وَيُصَلِّي عَلَيْهِ وَلَا أَسْأَلُهُ عَنْ ذَلِكَ لِمَ هُوَ فَخَرَجْتُ بِهِ كَمَا كُنْتُ أَخْرُجُ بِهِ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلَمَّا سَمِعَ الْأَذَانَ اسْتَغْفَرَ كَمَا كَانَ يَفْعَلُ فَقُلْتُ لَهُ يَا أَبَتَاهُ أَرَأَيْتَكَ صَلَاتَكَ عَلَى أَسْعَدَ بْنِ زُرَارَةَ كُلَّمَا سَمِعْتَ النِّدَاءَ بِالْجُمُعَةِ لِمَ هُوَ قَالَ أَيْ بُنَيَّ كَانَ أَوَّلَ مَنْ صَلَّى بِنَا صَلَاةَ الْجُمُعَةِ قَبْلَ مَقْدَمِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ مَكَّةَ فِي نَقِيعِ الْخَضَمَاتِ فِي هَزْمٍ مِنْ حَرَّةِ بَنِي بَيَاضَةَ قُلْتُ كَمْ كُنْتُمْ يَوْمَئِذٍ قَالَ أَرْبَعِينَ رَجُلًا. ابن ماجه

Artinya: dari 'Abdurrahman bin Ka'ab bin Malik, ia berkata, "Aku adalah pemandu Bapakku tatkala penglihatannya telah hilang. Jika aku keluar dengannya untuk salat Jum'at dan ia mendengar azan, maka ia memintakan ampun dan berdoa untuk Abu Umamah As'ad bin Zurarah. Sejenak aku terdiam untuk mendengarkannya, kemudian aku berguman di dalam hatiku, "Demi Allah, ia (Bapakku) adalah orang yang lemah, setiap ia mendengar azan Jum'at dan meminta ampun bagi Abu Umamah aku mendengarnya, namun aku tidak pernah bertanya kenapa ia melakukan hal itu." Lalu aku berangkat bersama untuk salat Jum'at sebagaimana biasa, ketika mendengar azan ia juga meminta ampun sebagaimana yang biasa dilakukannya. Maka aku pun bertanya kepadanya, "Wahai Bapakku, kenapa engkau selalu mendoakan As'ad bin Zurarah setiap kali engkau mendengar azan pada hari Jum'at?" Ia menjawab, "Wahai putraku, dia adalah orang yang pertama kali mengimami kami salat Jum'at sebelum kedatangan Rasulullah SAW dari Makkah di Naqi' Al Khadlamat daerah gurun dataran rendah bani Bayadlah. "Aku bertanya kembali, "Berapakah jumlah kalian saat itu?" ia menjawab, "empat puluh orang” (HR. Ibnu Majah, no. 1072).

Ma'asyiral muslimin rahimakumullah.

Diantaranya sebagaimana tadi diuraikan adalah dua peristiwa yang menjadi gerbang perubahan ke arah lebih baik. Dua peristiwa tersebut hingga seterusnya menjadi bagian syariat Islam tentang penambahan bilangan rakaat salat fardu lima kali sehari semalam, dan tentang ditegakkannya salat Jum’at. Esensi hijrah Nabi Muhammad SAW sesungguhnya bukan hanya sekadar berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, tetapi mengubah cara hidup (hijrah) dengan mengamalkan perintah agama menuju perubahan yang lebih baik, dari kondisi dan situasi sebelumnya, merupakan makna hijrah yang hakiki. Terlebih-lebih pada pergantian tahun Hijriyah bertepatan dengan bulan Agustus.

Bulan Agustus merupakan bulan yang didalamnya terdapat hari diperingatinya kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Pada konteks pandemi Covid-19 yang masih terjadi, tentu masih menjadi ancaman kesehatan dan sudah banyak menelan korban. Hijrah semestinya dimaknai sebagai upaya mengubah atau memperbaiki kondisi. Selain itu dengan spirit kemerdekaan 17 Agustus 1945 menjadikan kita lebih semangat dalam mengisi kemerdekaan dan sabar dalam menghadapi pandemi dengan ikhtiar insani dan mengusahakan ikhtiar Ilahiah. Yakinlah ada kemudahan setelah datang kesempitan. Demikian yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa menjadi pengingat bagi diri saya dan bermanfaat bagi jamaah secara umum. Mohon maaf apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. إِنَّاۤ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ. وَقُلْ رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّ حِمِيْنَ.

اَلْحَمْدُ ِللهِ حَمْدًا كَثِيْرًا وَ خَيْرًا مَجِيْدًا، هُوَ الَّذِى اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِاْلهُدَى وَ دِيْنِ اْلحَقّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدّيْنِ كُلّهِ وَ لَوْ كَرِهَ اْلمُشْرِكُوْنَ. وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى اَشْرَفِ اْلاَنْبِيَاءِ وَ اْلمُرْسَلِيْنَ وَ عَلَى آلِهِ وَ اَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ، اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ الَّذِى لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ. اَمَّا بَعْدُ.

فَيَااَ يُّهَاالنَّاسُ، اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ. اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ، يَاَ يُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ.

·      اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّـيْتَ عَلَى آلِ اِبـْرَاهِيْمَ. وَ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ اِبـْرَاهِيْمَ، فِى اْلعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

·      اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، أَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ.

·      رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا، وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْإِيْمَانِ، وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا، غِلًّا لِلَّذِيْنَ آمَنُوا، رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

·      رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ، وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا.

·      اللَّهُمَّ اِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الْأَسْقَامِ.

·      رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

·      سُبْحَانَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

·      وَأَقِمِ الصَّلَاةَ.

Penyampai: Revolusi Prajaningrat Saktiyudha, S.Si., M.Pd.

 

No comments:

Post a Comment