Saturday, November 28, 2020

Doa Keluar dari Rumah

 


 

Ketika beraktivitas dan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, kira mesti keluar dari rumah untuk memenuhi hajat kita. Tahukah saat keluar rumah ada amalan yang bisa dilakukan? Ya, ada amalan yang bisa kita lakukan sebagai seorang muslim ketika hendak keluar rumah, yaitu membaca do’a keluar rumah. Diantara do’a keluar rumah terdapat pada hadis berikut:

 

Hadis Pertama

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ الْأُمَوِيُّ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ إِسْحَقَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَالَ يَعْنِي إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ يُقَالُ لَهُ كُفِيتَ وَوُقِيتَ وَتَنَحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ. قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ. الترمذي

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Yahya bin Sa'id Al Umawi, telah menceritakan kepada kami ayahku (Yahya bin Sa'id bin Abban bin Sa'id bin Al 'Ash bin Umayyah), telah menceritakan kepada kami Ibnu Juraij, dari Ishaq bin Abdullah bin Abu Thalhah, dari Anas bin Malik ia berkata; Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya mengucapkan; BISMILLAAHI TAWAKKALTU 'ALLALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH (Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada  ada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan dengan pertolongan Allah) maka dikatakan baginya, engkau telah mendapatkan kecukupan, telah mendapat pertolongan dan syetan menjauh darimu." Abu Isa berkata; hadits ini adalah hadits hasan shahih gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari sisi ini (HR. Tirmidzi, no. 3348).

 

Hadis Kedua

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ الشَّعْبِيِّ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ نَزِلَّ أَوْ نَضِلَّ أَوْ نَظْلِمَ أَوْ نُظْلَمَ أَوْ نَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيْنَا. أحمد

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Waki', dia berkata; telah menceritakan kepada kami Sufyan, dari Manshur, dari Asysya'bi, dari Ummu Salamah, apabila Nabi SAW keluar dari rumahnya, beliau membaca: BISMILLAHI TAWAKALTU 'ALA ALLAHI ALLAHUMMA INNI A'UDZUBIKA MIN AN NAZILLA AU NA DLILLA AU NAZHLIMA AU NUZHLAMA AU NAJHALA AU YUJHALA 'ALAINA (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu bila kami akan tergelincir, tersesat, menzhalimi, dizhalimi, tidak tahu, atau dibodohi)." (HR. Ahmad, no. 25400).

Keterangan:

Hadis tersebut tidak shahih karena ada rawi yang bernama Manshur bin Al Mu'tamir. Ia tertuduh dusta.

 

Hadis Ketiga

حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ حُمَيْدِ بْنِ كَاسِبٍ حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَعِيلَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ حُسَيْنِ بْنِ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ التُّكْلَانُ عَلَى اللَّهِ. ابن ماجه

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Ya'qub bin Humaid bin Kasib, telah menceritakan kepada kami Hatim bin Isma'il, dari Abdullah bin Husain bin 'Atha` bin Yasar, dari Suhail bin Abu Shalih, dari ayahnya, dari Abu Hurairah bahwa apabila Rasulullah SAW apabila keluar dari rumahnya beliau mengucapkan: "Bismillah laa haula walaa quwwata illa billahi at tuklanu 'alallah (Dengan nama Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali dengan kehendak Allah, dan bersandar kepada Allah)." (HR. Ibnu Majah, no. 3875).

Keterangan:

Hadis tersebut dlaif karena ada rawi yang bernama Abdullah bin Al Husain bin 'Atha' bin Asar. Ia dilemahkan oleh Abu Zur’ah, Bukhari, dan Ibnu Hajar.

 

Melalui ketiga hadis tadi bisa terlihat bahwa hadis pertama yang berasal dari Nabi SAW. Hal tersebut dikarenakan hadis kedua ada rawi yang bernama Manshur bin Al Mu'tamir yang tertuduh dusta dan hadis ketiga ada rawi Abdullah bin Al Husain bin 'Atha' bin Asar yang dilemahkan Abu Zur’ah, Bukhari, dan Ibnu Hajar. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah di mana pun kita berada. Aamiin.

 

Wallahu a’lam bishshawab

 

No comments:

Post a Comment