Thursday, August 23, 2018

Tutorial Membaca Basmalah Diantara Dua Surat



Bagi yang terbiasa membaca Al Qur’an pasti akan menjumpai basmalah pada setiap surat (kecuali surat At Taubah). Ketika sudah selesai membaca satu surat dan akan melanjutkan ke surat berikutnya terdapat empat variasi membacanya. Tiga diantaranya diperbolehkan dan satu yang lain dilarang. Ketiga cara yang diperbolehkan adalah diputus seluruhnya, disambung seluruhnya, dan basmalah disambung dengan awal surat. Satu cara lain yang dilarang adalah basmalah disambung dengan akhir surat. Berikut adalah empat cara yang dimaksud:
 





1. Diputus semuanya maksudnya pada akhir surat 1 tidak disambung dengan basmalah dan basmalah juga tidak disambung surat 2. Contohnya sebagai berikut:

{وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ} { بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ} {قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ}


2. Disambung seluruhnya maksudnya adalah akhir surat 1 disambung denga basmalah dan basmalah disambung dengan awal surat 2. Contohnya sebagai berikut:

{وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ}


3. Basmalah disambung dengan awal surat maksudnya akhir surat 1 berhenti dan basmalah disambung dengan awal surat 2. Contohnya ialah sebagai berikut: 

{وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ} { بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ}


4. Basmalah disambung dengan dengan akhir surat maksudnya adalah menyambung akhir surat 1 dengan basmalah dan basmalah diputus dengan surat 2. Cara ini yang tidak diperbolehkan karena dikhawatirkan basmalah diartikan sebagai akhir surat 1. Contohnya adalah sebagai berikut:

{وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ} {قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ}





Seperti yang diungkapkan diawal tulisan ini bahwa setiap surat dalam Al Qur’an terdapat basmalah, akan tetapi berbeda dengan surat At Taubah. Seperti yang kita tahu bahwa basmalah tidak ditemukan pada Surat At Taubah. Lalu timbul pertanyaan dalam benak kita, bagaimana cara membaca akhir surat Al Anfal dengan awal surat At Taubah? Baiklah, ternyata ada tiga cara membaca akhir surat Al Anfal dengan awal surat At Taubah. Caranya adalah menyambung, berhenti, dan berhenti tanpa mengambil nafas. Berikut penjelasan singkatnya:


1. Menyambung maksudnya adalah menyambung akhir surat Al Anfal dengan awal surat At Taubah. Contohnya adalah sebagai berikut:

{... إِنَّ اللهَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌۢ بَرَآءَةٌ مِّنَ اللهِ وَرَسُولِهِۦٓ ...}


2. Memutus maksudnya ialah menghentikan bacaan akhir surat Al Anfal dan mengambil nafas. Baru kemudian melanjutkan membaca pada awal surat At Taubah. Contohnya ialah sebagai berikut:

{... إِنَّ اللهَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌۢ} { بَرَآءَةٌ مِّنَ اللهِ وَرَسُولِهِۦٓ ...}


3. Berhenti tanpa mengambil nafas adalah cara ketiga dengan menghentikan bacaan pada akhir surat An Anfal sejenak tanpa mengambil nafas. Kira-kira saat berhenti selama dua harokat. Setelah berhenti sejenak tanpa mengambil nafas, barulah melanjutkan membaca pada surat At Taubah. Contohnya adalah sebagai berikut: 

{... إِنَّ اللهَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌۢ -- بَرَآءَةٌ مِّنَ اللهِ وَرَسُولِهِۦٓ ...}


Demikian tutorial membaca basmalah diantara dua surat yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat, menjadi pengingat bagi saya sendiri secara khusus dan memperkaya khazanah pengetahuan netizen semua.


Wallahu A’lam


No comments:

Post a Comment