Model ASSURE merupakan panduan secara umum
langkah-langkah pada perencanaan pembuatan teknologi dan media pembelajaran. Mengikuti
model ASSURE, Anda mulai membuat pengalaman belajar dengan menilai
karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dengan demikian
diketahui Anda berada di posisi yang baik untuk memilih tipe media atau sistem pembelajaran
yang digunakan dan mempertimbangkan bahan-bahan spesifik yang mungkin Anda
butuhkan.
Sebenarnya pertemuan peserta didik dengan media dan
bahan-bahan juga membutuhkan perhatian dalam perencanaan. Apa yang akan mereka
lakukan? Model ASSURE menempatkan sebuah penekanan pada keterlibatan aktif peserta
didik pada kegiatan pembelajaran.
Setelah pembelajaran, bagaimana Anda akan menentukan apakah
peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran? Baik peserta didik dan proses
pembelajaran membutuhkan evaluasi. Apakah bahan-bahan cukup efektif? Apakah
kegiatan menarik? Menjawab pertanyaan seperti itu menutup pengulangan dan
membawa Anda kembali ke permulaan siklus lain.
Analyze
Learners (Menganalisis
Peserta didik)
Langkah pertama pada perencanaan ialah mengidentifikasi peserta
didik. Peserta didik Anda mungkin misalnya, perserta pelatihan, atau anggota
dari sebuah organisasi seperti halnya sekolah minggu, organisasi
kemasyarakatan, organisasi pemuda atau organisasi persaudaraan. Anda harus mengetahui
peserta didik Anda untuk memilih media yang terbaik untuk memenuhi tujuan.
Peserta dapat dianalisis dalam hal: (1) karakteristik secara umum; (2) kompetensi
spesifik (pengetahuan, kemampuan, dan sikap tentang topik) dan; (3) gaya
pembelajaran.
State
Objective (Tujuan
Pembelajaran)
Langkah berikutnya ialah menetapkan tujuan pembelajaran
secara khusus memungkinkan. Tujuan mungkin berasal dari silabus, tercantum
dalam buku, diambil dari panduan kurikulum, atau dibuat oleh instruktur.
Kesemuanya itu semestinya dinyatakan dalam hal apa saja yang nantinya pelajar
akan mampu melakukan sebagai hasil dari pembelajaran. Kondisi dimana siswa atau
peserta pelatihan akan melakukan dan tingkat kinerja yang dapat diterima semestinya
mempengaruhi.
Select
Methods, Media, and Materials
(Memilih Metode, Media dan Bahan-bahan)
Setelah Anda mengidentifikasi peserta Anda dan menetapkan
tujuan pembelajaran, Anda telah menentukan titik awal permulaan (pengetahuan,
kemampuan, dan sikap peserta sekarang) dan titik akhir (tujuan) pembelajaran.
Tugas Anda sekarang ialah membuat jembatan antara dua titik tersebut dengan
memilih metode, teknologi dan format media yang sesuai, kemudian memutuskan
bahan-bahan untuk menerapkan pilihan-pilihan tersebut. Terdapat tiga pilihan:
(1) memilih bahan-bahan yang tersedia; (2) memodifikasi bahan-bahan yang ada;
atau (3) merancang bahan-bahan yang baru.
Utilize
Media and Materials
(Memanfaatkan Media dan Bahan-bahan)
Entah memilih, memodifikasi atau merancang bahan-bahan,
Anda kemudian harus merencanakan bagaimana media, bahan-bahan, dan teknologi
akan digunakan untuk menerapkan metode Anda. Pertama, pratinjau bahan-bahan dan
praktek penerapan. Lalu, menyiapkan kelas dan menyiapkan peralatan yang
diperlukan dan fasilitas. Kemudian melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan
teknik-teknik. Siswa mungkin menggunakan media dan bahan-bahan secara individu,
seperti pada petunjuk mandiri, atau pada grup kecil, sepertinya pembelajaran
kooperatif. Mereka menggunakan bahan-bahan cetak, seperti buku kerja, atau teknologi
berbasis komputer, seperti halnya internet.
Require
Learner Participation
(Memerlukan Partisipasi Peserta Didik)
Untuk keefektifan, pembelajaran semestinya membutuhkan
mental keterlibatan aktif oleh peserta didik. Harus ada aktivitas yang
mengijinkan peserta didik untuk mempraktekkan pengetahuan atau kemampuan dan
menerima umpan balik yang tepat pada upaya mereka sebelum penilaian formal. Praktek
mungkin melibatkan siswa cek mandiri, pembelajaran dengan bantuan komputer,
aktivitas internet atau grup permainan. Umpan balik mungkin diberikan oleh
guru, komputer, siswa lainnya atau evaliasi mandiri.
Evaluate
and Revise
(Mengevaluasi dan Merevisi)
Setelah pembelajaran, perlu adanya evaluasi dampak dan
keefektivan dan untuk menilai siswa. Untuk memperoleh gambaran total, Anda
harus mengevaluasi seluruh proses pembelajaran. Apakah peserta didik mencapai
tujuan pembelajaran? Apakah metode, media dan teknologi membantu pelatihan
dalam mencapai tujuan pembelajaran? Bisakah semua siswa menggunakan bahan-bahan
dengan tepat? Dimanapun perbedaan antara apa yang Anda maksudkan dan apa yang
Anda capai, Anda membutuhkan revisi rencana pembelajaran untuk kesempatan lain.
Sumber:
Smaldino, Sharon. Lowter, Deborah. Russel, James D. 2011.
Instructional Technology and Media for Learning: 5th Edition. Upper
Saddle River, NJ: Prentice Hall.
No comments:
Post a Comment