Friday, January 3, 2014

Model ASSURE



Model ASSURE merupakan panduan secara umum langkah-langkah pada perencanaan pembuatan teknologi dan media pembelajaran. Mengikuti model ASSURE, Anda mulai membuat pengalaman belajar dengan menilai karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dengan demikian diketahui Anda berada di posisi yang baik untuk memilih tipe media atau sistem pembelajaran yang digunakan dan mempertimbangkan bahan-bahan spesifik yang mungkin Anda butuhkan.

Sebenarnya pertemuan peserta didik dengan media dan bahan-bahan juga membutuhkan perhatian dalam perencanaan. Apa yang akan mereka lakukan? Model ASSURE menempatkan sebuah penekanan pada keterlibatan aktif peserta didik pada kegiatan pembelajaran.

Setelah pembelajaran, bagaimana Anda akan menentukan apakah peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran? Baik peserta didik dan proses pembelajaran membutuhkan evaluasi. Apakah bahan-bahan cukup efektif? Apakah kegiatan menarik? Menjawab pertanyaan seperti itu menutup pengulangan dan membawa Anda kembali ke permulaan siklus lain.

Analyze Learners (Menganalisis Peserta didik)
Langkah pertama pada perencanaan ialah mengidentifikasi peserta didik. Peserta didik Anda mungkin misalnya, perserta pelatihan, atau anggota dari sebuah organisasi seperti halnya sekolah minggu, organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda atau organisasi persaudaraan. Anda harus mengetahui peserta didik Anda untuk memilih media yang terbaik untuk memenuhi tujuan. Peserta dapat dianalisis dalam hal: (1) karakteristik secara umum; (2) kompetensi spesifik (pengetahuan, kemampuan, dan sikap tentang topik) dan; (3) gaya pembelajaran.

State Objective (Tujuan Pembelajaran)
Langkah berikutnya ialah menetapkan tujuan pembelajaran secara khusus memungkinkan. Tujuan mungkin berasal dari silabus, tercantum dalam buku, diambil dari panduan kurikulum, atau dibuat oleh instruktur. Kesemuanya itu semestinya dinyatakan dalam hal apa saja yang nantinya pelajar akan mampu melakukan sebagai hasil dari pembelajaran. Kondisi dimana siswa atau peserta pelatihan akan melakukan dan tingkat kinerja yang dapat diterima semestinya mempengaruhi.

Select Methods, Media, and Materials (Memilih Metode, Media dan Bahan-bahan)
Setelah Anda mengidentifikasi peserta Anda dan menetapkan tujuan pembelajaran, Anda telah menentukan titik awal permulaan (pengetahuan, kemampuan, dan sikap peserta sekarang) dan titik akhir (tujuan) pembelajaran. Tugas Anda sekarang ialah membuat jembatan antara dua titik tersebut dengan memilih metode, teknologi dan format media yang sesuai, kemudian memutuskan bahan-bahan untuk menerapkan pilihan-pilihan tersebut. Terdapat tiga pilihan: (1) memilih bahan-bahan yang tersedia; (2) memodifikasi bahan-bahan yang ada; atau (3) merancang bahan-bahan yang baru.

Utilize Media and Materials (Memanfaatkan Media dan Bahan-bahan)
Entah memilih, memodifikasi atau merancang bahan-bahan, Anda kemudian harus merencanakan bagaimana media, bahan-bahan, dan teknologi akan digunakan untuk menerapkan metode Anda. Pertama, pratinjau bahan-bahan dan praktek penerapan. Lalu, menyiapkan kelas dan menyiapkan peralatan yang diperlukan dan fasilitas. Kemudian melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan teknik-teknik. Siswa mungkin menggunakan media dan bahan-bahan secara individu, seperti pada petunjuk mandiri, atau pada grup kecil, sepertinya pembelajaran kooperatif. Mereka menggunakan bahan-bahan cetak, seperti buku kerja, atau teknologi berbasis komputer, seperti halnya internet.

Require Learner Participation (Memerlukan Partisipasi Peserta Didik)
Untuk keefektifan, pembelajaran semestinya membutuhkan mental keterlibatan aktif oleh peserta didik. Harus ada aktivitas yang mengijinkan peserta didik untuk mempraktekkan pengetahuan atau kemampuan dan menerima umpan balik yang tepat pada upaya mereka sebelum penilaian formal. Praktek mungkin melibatkan siswa cek mandiri, pembelajaran dengan bantuan komputer, aktivitas internet atau grup permainan. Umpan balik mungkin diberikan oleh guru, komputer, siswa lainnya atau evaliasi mandiri.

Evaluate and Revise (Mengevaluasi dan Merevisi)
Setelah pembelajaran, perlu adanya evaluasi dampak dan keefektivan dan untuk menilai siswa. Untuk memperoleh gambaran total, Anda harus mengevaluasi seluruh proses pembelajaran. Apakah peserta didik mencapai tujuan pembelajaran? Apakah metode, media dan teknologi membantu pelatihan dalam mencapai tujuan pembelajaran? Bisakah semua siswa menggunakan bahan-bahan dengan tepat? Dimanapun perbedaan antara apa yang Anda maksudkan dan apa yang Anda capai, Anda membutuhkan revisi rencana pembelajaran untuk kesempatan lain.

Sumber: 
Smaldino, Sharon. Lowter, Deborah. Russel, James D. 2011. Instructional Technology and Media for Learning: 5th Edition. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

No comments:

Post a Comment