Setelah mengerjakan sujud yang kedua dalam salat, berarti kita telah mendapatkan satu raka'at. Berikutnya bangkit dengan bertakbir untuk mengerjakan raka'at selanjutnya. Adapun cara bangkitnya adalah dengan mengangkat dua tangan sebelum dua lutut. Penjelasan tersebut terdapat pada hadis dari Wa'il bin Hujr dan Hammam. Sementara hadis dari Abu Qilabah merupakan penjelasan terkait tata cara salat pada raka’at yang ganjil dengan tidak bangkit berdiri sehingga duduk dengan sempurna. Adapun hadis yang ada lengkap dengan sanad. Hadis yang dimaksud adalah sebagaimana berikut.
A. Hadis dari Wa'il bin Hujr
Hadis dari Wa'il bin Hujr tentang tata cara bangkit ke raka’at selanjutnya setelah memperoleh satu raka’at sebagaimana berikut.
Hadis Pertama
حَدَّثَنَا سَلَمَةُ بْنُ شَبِيبٍ وَأَحْمَدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدَّوْرَقِيُّ وَالْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُنِيرٍ وَغَيْرُ وَاحِدٍ قَالُوا حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا شَرِيكٌ عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ يَضَعُ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. قَالَ زَادَ الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ فِي حَدِيثِهِ قَالَ يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ وَلَمْ يَرْوِ شَرِيكٌ عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ إِلَّا هَذَا الْحَدِيثَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُ أَحَدًا رَوَاهُ مِثْلَ هَذَا عَنْ شَرِيكٍ وَالْعَمَلُ عَلَيْهِ عِنْدَ أَكْثَرِ أَهْلِ الْعِلْمِ يَرَوْنَ أَنْ يَضَعَ الرَّجُلُ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ وَرَوَى هَمَّامٌ عَنْ عَاصِمٍ هَذَا مُرْسَلًا وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ وَائِلَ بْنَ حُجْرٍ. الترمذى
Artinya: Telah menceritakan kepada kami Salamah bin Syabib dan Ahmad bin Ibrahim Ad Dauraqi dan Al Hasan bin Ali Al Hulwani dan Abdullah bin Munir dan lain-lain mereka berkata: telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun berkata: telah mengabarkan kepada kami Syarik, dari 'Ashim bin Kulaib, dari Ayahnya dari Wa'il bin Hujr ia berkata: "Aku melihat Rasulullah SAW apabila sujud, beliau meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya, dan apabila bangkit beliau mengangkat kedua tangannya sebelum kedua lututnya." Ia (perawi) berkata: "Al Hasan bin Ali menambahkan dalam hadisnya bahwa Yazid bin Harun berkata: "Syarik tidak pernah meriwayatkan dari 'Ashim bin Kulaib kecuali hadis ini." Abu Isa berkata: "Hadis ini hasan gharib, dan kami tidak mengetahui seorangpun yang meriwayatkan hadis seperti ini dari Syarik. Hadis ini diamalkan oleh kebanyakan ahli ilmu, mereka berpendapat hendaknya seseorang meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya, dan mengangkat kedua tangan sebelum kedua lututnya ketika bangkit. Hammam meriwayatkan hadis ini dari 'Ashim secara mursal dan tidak menyebutkan di dalamnya nama Wa'il bin Hujr." (HR. Tirmidzi, no. 248).
Selain hadis riwayat Tirmidzi, hadis yang informasinya serupa sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Abu Dawud. Hadis yang dimaksud adalah sebagai berikut.
Hadis Kedua
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ وَحُسَيْنُ بْنُ عِيسَى قَالَا حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا شَرِيكٌ عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَعْمَرٍ حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جُحَادَةَ عَنْ عَبْدِ الْجَبَّارِ بْنِ وَائِلٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ حَدِيثَ الصَّلَاةِ قَالَ فَلَمَّا سَجَدَ وَقَعَتَا رُكْبَتَاهُ إِلَى الْأَرْضِ قَبْلَ أَنْ تَقَعَ كَفَّاهُ قَالَ هَمَّامٌ وَحَدَّثَنِي شَقِيقٌ قَالَ حَدَّثَنِي عَاصِمُ بْنُ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِ هَذَا وَفِي حَدِيثِ أَحَدِهِمَا وَأَكْبَرُ عِلْمِي أَنَّهُ فِي حَدِيثِ مُحَمَّدِ بْنِ جُحَادَةَ وَإِذَا نَهَضَ نَهَضَ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَاعْتَمَدَ عَلَى فَخِذِهِ. ابو داود
Artinya: Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali dan Husain bin Isa, keduanya berkata: telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun, telah mengabarkan kepada kami Syarik, dari 'Ashim bin Kulaib, dari Ayahnya, dari Wa'il bin Hujr dia berkata: Saya melihat apabila Nabi SAW sujud, beliau meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya, dan apabila bangkit, beliau mengangkat kedua tangannya sebelum kedua lututnya. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ma'mar, telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Minhal, telah menceritakan kepada kami Hammam, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Juhadah, dari Abdul Jabbar bin Wa`il, dari Ayahnya bahwa Nabi SAW, kemudian dia melanjutkan hadis tentang salat, katanya: "Ketika beliau sujud, beliau meletakkan kedua lututnya ke lantai sebelum meletakkan kedua telapak tangannya." Hammam mengatakan: telah menceritakan kepadaku Syaqiq dia berkata: telah menceritakan kepadaku 'Ashim bin Kulaib, dari Ayahnya dari Nabi SAW seperti hadis ini. Sedangkan dalam hadis salah satu dari keduanya (Muhammad bin Juhadah dan Syaqiq) yang lebih tahu daripadaku adalah hadis yang (diriwayatkan) oleh Muhammad bin Juhadah: "Apabila beliau bangkit, maka beliau bangkit dengan menumpu kedua lututnya dengan bersandarkan pada kedua pahanya." (HR. Abu Dawud, no. 713).
Hadis Ketiga
أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ عِيسَى الْقُوْمَسِيُّ الْبَسْطَامِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ وَهُوَ ابْنُ هَارُونَ قَالَ أَنْبَأَنَا شَرِيكٌ عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. النسائي
Artinya: Telah mengabarkan kepada kami Al Husain bin 'Isa Al Qaumasi Al Basthami, dia berkata: telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun, dia berkata: telah memberitakan kepada kami Syarik, dari 'Ashim bin Kulaib, dari Bapaknya, dari Wa'il bin Hujr dia berkata: "Aku melihat Rasulullah SAW meletakan lututnya terlebih dahulu sebelum kedua tangannya apabila hendak sujud, dan mengangkat kedua tangannya dahulu sebelum kedua lututnya apabila bangkit dari sujud." (HR. Nasai, no. 1077).
Hadis Keempat
أَخْبَرَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا شَرِيكٌ عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ يَضَعُ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. الدارمي
Artinya: Telah mengabarkan kepada kami Yazid bin Harun, telah menceritakan kepada kami Syarik, dari 'Ashim bin Kulaib, dari Ayahnya, dari Wail bin Hujr ia berkata: "Saya melihat Rasulullah SAW apabila bersujud meletakkan kedua lutut sebelum ke dua tangan, dan apabila berdiri beliau mengangkat ke dua tangan sebelum kedua lutut." (HR. Darimi, no. 1286)
B. Hadis dari Hammam
Hadis dari Hammam tentang tata cara bangkit ke raka’at selanjutnya setelah memperoleh satu raka’at. Namun demikian periwayatan dari Hammam adalah secara maqthu’ atau tidak menyebutkan sahabat di dalam hadisnya. Keterangan hadis pertama menyatakan bahwa periwayatan dari Hammam dalam hal ini secara mursal. Hadis yang dimaksud adalah sebagaimana berikut.
Hadis Kelima
لم يرو هذا الحديث عن محمد بن عجلان إلا همام تفرد به الحوضي حدثنا محمد بن يحيى القزاز قال نا حفص بن عمر قال نا همام قال ثنا شقيق عن عاصم بن كليب عن أبيه أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا سجد وقعتا ركبتاه على الأرض قبل أن يقع كفاه وإذا نهض في فصل الركعتين نهض على ركبتيه واعتمد على فخديه لم يرو هذا الحديث عن شقيق بن أبي عبد الله إلا همام
Artinya: Tidak ada yang meriwayatkan hadis dari Muhammad bin Ajlan
kecuali Hammam. Al Khaudly
memilihnya. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya Al Qazaz
ia berkata: telah menceritakan kepada kami Hafsh bin ‘Umar, ia berkata:
telah menceritakan kepada kami Hammam, ia berkata, telah menceritakan
kepada kami Syaqiq, dari ‘Ashim bin Kulaib, dari Ayahnya, bahwasanya
Nabi SAW apabila bersujud, dua lututnya menyentuh bumi sebelum kedua tapak
tangannya, dan apabila bangkit dari sujud ke rakaat kedua beliau bangkit pada
kedua lututnya, dan menekan pada kedua paha beliau”. Tidak ada yang
meriwayatkan hadis ini dari Shaqiq bin Abi Abdullah kecuali Hammam. (HR.
Thabaraniy dalam Al Mu’jamul Ausath no. 5912).
Hadis Keenam
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ وَحُسَيْنُ بْنُ عِيسَى قَالَا حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا شَرِيكٌ عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَعْمَرٍ حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مِنْهَالٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جُحَادَةَ عَنْ عَبْدِ الْجَبَّارِ بْنِ وَائِلٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ حَدِيثَ الصَّلَاةِ قَالَ فَلَمَّا سَجَدَ وَقَعَتَا رُكْبَتَاهُ إِلَى الْأَرْضِ قَبْلَ أَنْ تَقَعَ كَفَّاهُ قَالَ هَمَّامٌ وَحَدَّثَنِي شَقِيقٌ قَالَ حَدَّثَنِي عَاصِمُ بْنُ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمِثْلِ هَذَا وَفِي حَدِيثِ أَحَدِهِمَا وَأَكْبَرُ عِلْمِي أَنَّهُ فِي حَدِيثِ مُحَمَّدِ بْنِ جُحَادَةَ وَإِذَا نَهَضَ نَهَضَ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَاعْتَمَدَ عَلَى فَخِذِهِ. أبي داوود
Artinya: Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin Ali dan Husain bin Isa keduanya berkata: telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun, telah mengabarkan kepada kami Syarik, dari 'Ashim bin Kulaib, dari Ayahnya, dari Wa'il bin Hujr dia berkata: Saya melihat apabila Nabi SAW sujud, beliau meletakkan kedua lututnya sebelum kedua tangannya, dan apabila bangkit, beliau mengangkat kedua tangannya sebelum kedua lututnya. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ma'mar, telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Minhal, telah menceritakan kepada kami Hammam, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Juhadah, dari Abdul Jabbar bin Wa`il, dari Ayahnya bahwa Nabi SAW, kemudian dia melanjutkan hadis tentang salat. Katanya: "Ketika beliau sujud, beliau meletakkan kedua lututnya ke lantai sebelum meletakkan kedua telapak tangannya." Hammam mengatakan: telah menceritakan kepadaku Syaqiq, dia berkata: telah menceritakan kepadaku 'Ashim bin Kulaib, dari Ayahnya, dari Nabi SAW seperti hadis ini. Sedangkan dalam hadis salah satu dari keduanya (Muhammad bin Juhadah dan Syaqiq) yang lebih tahu daripadaku adalah hadis yang (diriwayatkan) oleh Muhammad bin Juhadah: "Apabila beliau bangkit, maka beliau bangkit dengan menumpu kedua lututnya dengan bersandarkan pada kedua pahanya." (HR. Abu Dawud, no. 713).
C. Hadis dari Abu Qilabah
Hadis dari Abu Qilabah tentang tata cara salat pada raka’at yang ganjil itu dengan tidak bangkit berdiri sehingga duduk dengan sempurna. Hal tersebut sebagaimana hadis berikut.
Hadis Ketujuh
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ قَالَ أَخْبَرَنَا هُشَيْمٌ قَالَ أَخْبَرَنَا خَالِدٌ الْحَذَّاءُ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكُ بْنُ الْحُوَيْرِثِ اللَّيْثِيُّ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فَإِذَا كَانَ فِي وِتْرٍ مِنْ صَلَاتِهِ لَمْ يَنْهَضْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَاعِدًا. البخاري
Artinya: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ash Shabah berkata: telah mengabarkan kepada kami Husyaim berkata: telah mengabarkan kepada kami Khalid Al Hadzdza', dari Abu Qilabah berkata: telah mengabarkan kepada kami Malik bin Al Huwairits Al Laitsi, bahwasannya dia melihat Nabi SAW melaksanakan salat, apabila pada raka’at yang ganjil, beliau tidak bangkit berdiri sehingga duduk dengan sempurna. (HR. Bukhari, no. 780).
Hadis Kedelapan
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ أَخْبَرَنَا هُشَيْمٌ عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ اللَّيْثِيِّ، أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فَكَانَ إِذَا كَانَ فِي وِتْرٍ مِنْ صَلَاتِهِ لَمْ يَنْهَضْ حَتَّى يَسْتَوِيَ جَالِسًا. قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَالْعَمَلُ عَلَيْهِ عِنْدَ بَعْضِ أَهْلِ الْعِلْمِ وَبِهِ يَقُولُ إِسْحَقُ وَبَعْضُ أَصْحَابِنَا وَمَالِكٌ يُكْنَى أَبَا سُلَيْمَانَ. الترمذي
Artinya: Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr berkata: telah mengabarkan kepada kami Husyaim, dari Khalid Al Hadza`, dari Abu Qilabah, dari Malik Al Huwairits Al Laitsi bahwasanya ia pernah melihat Nabi SAW melaksanakan salat, apabila beliau berada dalam raka’at ganjil, maka beliau tidak bangkit hingga duduk sempurna." Abu Isa berkata: "Hadis Malik bin Al Huwairits derajatnya hasan shahih. Hadis ini diamalkan oleh sebagian ahli ilmu. Ini adalah pendapat Ishaq dan sebagian sahabat kami. Sedangkan Malik, julukannya adalah Abu Sulaiman." (HR. Tirmidzi, no. 264).
Hadis Kesembilan
أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ أَنْبَأَنَا هُشَيْمٌ عَنْ خَالِدٍ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فَإِذَا كَانَ فِي وَتْرٍ مِنْ صَلَاتِهِ لَمْ يَنْهَضْ حَتَّى يَسْتَوِيَ جَالِسًا. النسائي
Artinya: Telah mengabarkan kepada kami 'Ali bin Hujr dia berkata: telah memberitakan kepada kami Husyaim, dari Khalid, dari Abu Qilabah, dari Malik bin Al Huwairits dia berkata: "Aku melihat Rasulullah SAW salat, jika dalam (raka’at) ganjil dari salatnya, maka beliau tidak bangun hingga beliau duduk dengan sempurna." (HR. Nasai, no. 1140).
Hadis Kesepuluh
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، عَنْ خَالِدٍ الْحَذَّاءِ، عَنْ أَبِي قِلَابَةَ، عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ، أَنَّهُ، رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي، فَإِذَا كَانَ فِي وِتْرٍ مِنْ صَلَاتِهِ لَمْ يَنْهَضْ حَتَّى يَسْتَوِي جَالِسًا. ابن خزيمة
Artinya: Ali bin Hujr menceritakan kepada kami, Husyaim menceritakan kepada kami dari Khalid Al Hadzdza', dari Abu Qilabah, dari Malik bin Al Huwairits: Sesungguhnya ia pernah melihat Nabi SAW melakukan salat, apabila Rasulullah SAW berada di dalam salat witir, maka beliau tidak akan bangun hingga duduk sempurna. (HR. Ibnu Khuzaimah, no. 686).
Hadis Kesebelas
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدٌ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ قَالَ: كَانَ مَالِكُ بْنُ الْحُوَيْرِثِ يَأْتِينَا فَيَقُولُ أَلَا أُحَدِّثُكُمْ عَنْ صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيُصَلِّي فِي غَيْرِ وَقْتِ الصَّلَاةِ فَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ السَّجْدَةِ الثَّانِيَةِ فِي أَوَّلِ الرَّكْعَةِ اسْتَوَى قَاعِدًا ثُمَّ قَامَ فَاعْتَمَدَ عَلَى الْأَرْضِ. النسائي
Artinya: Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Busysyar dia berkata: telah menceritakan kepada kami 'Abdul Wahhab dia berkata: telah menceritakan kepada kami Khalid, dari Abu Qilabah dia berkata: bahwasannya Malik bin Huwairits datang kepada kami lalu berkata: "Maukah kalian aku perlihatkan cara Rasulullah SAW salat?" Lalu ia mengerjakan salat di luar waktu salat, jika mengangkat kepalanya dari sujud kedua pada raka’at pertama maka ia duduk dengan sempurna, kemudian bangun dengan bertumpu ke tanah. (HR. Nasai, no. 1141).
PENJELASAN SINGKAT
Melalui hadis yang ada dapat kita ambil beberapa informasi terkait dengan ibadah salat. Informasi pertama adalah tata cara bangun ke raka’at kedua. Hal tersebut sebagaimana hadis dari Wa'il bin Hujr dan Hammam. Adapun tata cara bangun ke raka’at kedua adalah dengan mengangkat kedua tangan terlebih dahulu sebelum kedua lutut. Sementara informasi yang kedua adalah tata cara salat pada raka’at yang ganjil adalah dengan tidak bangkit berdiri sehingga duduk dengan sempurna. Tata cara tersebut sebagaimana hadis dari Abu Qilabah. Demikianlah diantaranya dalil tentang tata cara bangun ke raka’at kedua dan tata cara salat pada raka’at yang ganjil. Semoga menambah wawasan, keimanan, dan kekhusyukan kita dalam beribadah salat. Aamiin.
No comments:
Post a Comment